Teknologi Informasi dan Sistem Informasi




Apa itu Teknologi Informasi dan Sistem Informasi ?


Teknologi Informasi

        Teknologi Informasi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology  ( TI ) adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

            Menurut Wikipedia, Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Pengertian Teknologi Informasi menurut Para Ahli ;

Haag dan Keen (1996) 
Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. 
Oxford English Dictonary (OED)
Teknologi Informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha. 
Williams dan Sawyer (2003) 
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. 
 Martin (1999)
Teknologi Informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencaku teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi. 


          TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
 



 Sistem Informasi


Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan. Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan. 

Menurut Wikipedia, Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

 Pengertian Sistem Informasi menurut Para Ahli ;

John F. Nash

Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
Robert A. Leitch
Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. 
Henry Lucas
Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam. 
Alter 
Sistem Informasi dalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.




 Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi


Sistem informasi adalah sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga: lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan perbedaan SI dan TI adalah, SI merupakan sistem yang menyediakan informasi bagi penggunanya. Sedangkan TI lebih kepada teknologi yang digunakan untuk menunjang semua kegiatan SI.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW
        Sistem Informasi adalah system terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan Teknologi Informadi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga lebih cepat, lebih luas penyebaraanya dan lebih lama penyimpanannya.

        Dapat disimpulkan bahwa perbedaan SI dan TI adalah, Sistem Informasi merukapan system yang menyediakan informasi bagi penggunanya, sedangkan Teknologi Informasi lebih kepada teknologi yang digunakan untuk menunjang kegiatan SI.

Sistem informasi adalah sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga: lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan perbedaan SI dan TI adalah, SI merupakan sistem yang menyediakan informasi bagi penggunanya. Sedangkan TI lebih kepada teknologi yang digunakan untuk menunjang semua kegiatan SI.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef





 Sejarah Teknologi Informasi dan Sistem Informasi


 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi


Pada awalnya manusia hanya menggunakan alat sederhana untuk berkomunikasi, misalnya melalui gambar. Seiring kemajuan peradaban, manusia mampu menciptakan alat-alat modren, seperti telepon, handphone, internet bahkan teknologi lainnya yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya teman-teman sekalian.

Alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar. 
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusa.
2. Peralatan mekani: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3. Peralatan mekanik elektronik : Yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motot elektronik.
4. Peralatan elektronk: yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.


 Sejarah Perkembangan Sistem Informasi



         Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 sistem informasi digunakan oleh militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Generasi Pertama (1945-1955)
Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955-1965)
Batch processing systemJob dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.Sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS,keduanya merupakan bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi

Generasi Ketiga (1965-1980)
Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
  • Multiuser Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
  • MultiprogrammingBerarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
  • Time sharingVarian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satuterminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yangaktif secara bergantian secara cepat.
  • Spooling Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

Generasi Keempat (1980-199x)
Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications. Perkembangan denganmeningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi jaringan(TCP/IP). Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi berbasis komputer yang mendunia ini. 
Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System/ CBIS).



Contoh Penerapan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi


Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut kita untuk melakukan berbagai aktivitas dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi dan system informasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan kita untuk menggunakanya dalam segala aktivitas.

Contoh penerapanya dalam kehidupan sehari-hari:

A.   Penerapan teknologi informasi dan system informasi dalam perusahaan

B.  Penerapan teknologi informasi dan sistem informasi dalam dalam dunia bisnis

C.   Penerapan teknologi informasi dan system informasi dalam perbankan

D.   Penerapan teknologi informasi dan system informasi dalam pendidikan

E.   Penerapan teknologi informasi dan system informasi dalam kesehatan















Sumber :

 

Komentar

  1. mantap. Ulasannya lengkap. Semoga berguna bagi masa depan kita semua.

    BalasHapus
  2. lengkap bgt artikel nya sangat membantu

    BalasHapus
  3. artikel yg bagus, thank you keep writing about interesting post!

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  7. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  8. Wih canggihh, warna warni tulisannyaaa. Cuman bayaran 11jt yg bisa beginii

    BalasHapus
  9. informasi yang diberikan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. informasi yang diberikan sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  11. keren banget maceeeee haha, artikelnya bagus

    BalasHapus
  12. makasih infonya yaaa

    BalasHapus
  13. Nice info gan, thanks for your information

    BalasHapus
  14. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
  15. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  16. Nice info mache... Keep your good work!

    BalasHapus
  17. makasih infonya mbak dea. sangat berfaedah sekali lho! lanjutkan sist!

    BalasHapus
  18. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  19. mace artikel ini mah udh bnyk di gugel hft.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer