Inovasi Masa Depan





Hello readers.. 

Berbicara mengenai teknologi pasti tidak ada habisnya. Nyaris disetiap aspek kehidupan didunia ini diperlukan adanya teknologi yang mampu mempermudah segala kegiatan kita sehari-hari. Nah pada kesempatan kali ini saya selaku penulis ingin membagikan informasi mengenai berbagai inovasi dalam bidang teknologi yang akan muncul dan berkembang pada masa depan.

Selamat membaca ^^


Nanoteknologi
Nanoteknologi adalah perwujudan dari teknologi masa depan super canggih yang dibuat sangat kecil. Bahkan untuk memegangnya saja tidak bisa menggunakan tangan kosong. Ukuran dari nanoteknologi ini hanya 1/semilyar meter sama dengan ketebalan rambut yang dibelah menjadi 50.000 bagian.
Nanoteknologi ini dapat memudahkan manusia untuk memanipulasi partikel kecil, sekecil atom. Tujuan dari nanoteknologi sendiri adalah untuk menciptakan material-material masa depan, mesin-mesin, dan robot-robot yang memiliki urukuran sangat kecil.
Material-material yang diciptakan dari nantoteknologi ini akan lebih kuat dari intan, memiliki berat yang super ringan, tahan disegala cuaca ekstrim, mampu menghantarkan listrik, dan yang penting ramah lingkungan.
Teknologi masa depan super canggih ini diprediksi akan menyebar ke seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa menciptakan peralatan super canggih lainnya melalui nantoteknologi ini. Misalnya, membuat nanobots atau nanopartikel yang bisa dimasukkan ke dalam tubuh manusia.
Nanobots yang dimasukkan ke dalam tubuh nantinya bisa berfungsi sebagai penyembuh berbagai penyakit dan menghancurkan sel-sel kanker. Bahkan nanobots itu mampu dioprasikan sebagai apapun yang sipencipta nanobots inginkan.

Invisible Car
Teknologi masa depan super canggih selanjutnya adalah invisible car. Yaps, teknologi canggih ini sering muncul di film-film science fiction buatan barat. Hingga saat ini tak terbayang dibenak kita bagaimana caranya mengendarai mobil tembus pandang.
Mobil super canggih dan keren ini nyatanya sedang dalam proses pembuatan lho. Invisible car ini diproduksi oleh salah satu perusahaan mobil terkenal.
Pada rencana awal mobil yang tengah diproduksi oleh Mercedes Benz ini akan diluncurkan pada tahun 2014 lalu. Namun, pihak Mercedez menunda waktu pemasarannya. Hingga saat ini pihak perusahaan tersebut masih merahasiakan waktu pemasaran mobil dengan teknologi canggih tersebut.
Menurut informasi yang beredar, invisible car ini berwarna metalik dan memiliki sifat seperti bunglon. Jika sifat bunglon yang khas adalah berubah warna, berbeda dengan invisible car. Mobil ini memiliki teknologi kamuflase optik.

Komputer Kuantum
Teknologi canggih yang satu ini bernama komputer kuantum. Jika dilihat dari namanya, mungkin terlihat sama dengan komputer di masa sekarang. Namun yang membedakannya adalah kecepatannya yang lebih cepat dibanding komputer yang ada saat ini.
Komputer Kuantum ini memiliki kecepatan ribuan kali lipat lebih cepat dibanding komputer-komputer yang Anda pakai saat ini. Teknologi masa depan super canggih ini diciptakan dengan menggunakan material-material canggih, diantaranya dunia kuantum, superposition, dan quantum entanglement.
Selain memiliki kecepatan super, computer ini juga mampu memprediksi cuaca di bumi secara akurat. Bukan hanya itu, komputer ini juga dapat memprediksi gejala alam yang akan terjadi. Kecanggihan lain yang terdapat pada komputer Kuantum ini adalah kemampuan memecahkan kode tersulit, yakni 140 digit dengan waktu yang cukup singkat.

Space Elevator
Space elevator atau tangga menuju luar anggkasa adalah salah satu teknologi masa depan super canggih yang sedang dirancang. Bentuknya mungkin tak akan seperti tangga pada umumnya, melainkan seperti lift yang sangat tinggi.
Tinggi dari space elevator ini menembus langit, dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa dan tingginya mencapai 35.000 kilometer. Dengan kecanggihan lift ini manusia akan lebih mudah melakukan perjalanan ke luar angkasa dan tak akan memakan waktu.
Sebagian besar manusia di bumi ini memiliki impian untuk melakukan perjalanan ke bulan atau ke planet lain. Mungkin lift ini tadinya hanya sebuah khayalan, namun ternyata sebuah teknologi baru ditemukan untuk mendukung diwujudkannya teknologi canggih ini.
Teknologi pendukung untuk membuat space elevator ini adalah Carbon nanotube, sebuah material baru yang dinyatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja. Ditemukannya material tersebut sangat memungkinkan dimulainya era terbaru dalam penjelajahan ruang angkasa.
Jika biasanya seoran astronot melakukan perjalanan ke bulan dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tapi dengan munculnya teknologi masa depan super canggih ini perjalanan ke luar angkasa dapat ditempuh dengan hanya 8 hari saja.

Scramjet atau Hiper-Sonik
Kecanggihan scramjet ini akan menjadi salah satu revolusi terbesar dalam dunia transportasi dunia. Pesawat scramjet ini merupakan pesawat penumpang yang memiliki kecepatan terbang 10 kali lipat lebih cepat dari pesawat tempur tercanggih Amerika.
Sudah diketahui bahwa saat ini Amerika memiliki pesawat tempur tercanggih di dunia, yaitu F/A-22 Raptor dengan kecepatan terbang Mach 2, atau 2 kali lipat kecepatan suara. Nah, pesawat scramjet ini kecepatannya lebih cepat dari pesawat tempur tersebut.
Jika biasanya penerbangan dari New York menuju Tokyo ditempuh selama 18 jam. Nah, kalau menggunakan scramjet waktu tempuhnya hanya 120 menit saja. Teknologi canggih ini sangat membantu manusia dalam memaksimalkan waktu.
Bahan bakar scramjet sendiri hanya menggunakan hydrogen cair yang dicampurkan dengan penyedotan oksigen yang berasal dari atmosfer. Pembakaran antara oksigen dan hydrogen tersebutlah yang membuat scramjet ini terbang lebih cepat.







Sumber :

Komentar

  1. mantap!! moga2 bisa terwujud di masa depan biar berkah aamiin!

    BalasHapus
  2. mantaap, nice info. lanjutkan barkarya..!!

    BalasHapus
  3. Wow, baru tau. Thanks infonya 😆

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer