Perkembangan Teknologi Mesin Cedas, Menuju Kesejahteraan atau Kehancuran ??


Perkembangan teknologi kini semakin pesat dan menakjubkan. Banyak negara di dunia saling berlomba dan tidak mau kalah melakukan riset dan inovasi untuk mengembangkan teknologi tinggi (high tech) dalam menciptakan berbagai mesin-mesin cerdas dengan menerapkan kecerdasan buatan (artificial intellegent). Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin/komputer dapat melakukan pekerjaan seperti laykanya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. 

Manusia memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Semakin banyak pengalaman dan pengetahuan manusia semakin cepat pula masalah itu dapat diselesaikan. Demikian juga tekonologi komputer akan dapat menyelesaikan masalah jika memiliki pengetahuan dan pengalaman seperti yang dimiliki oleh manusia. Artificial Intelligence merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan teknologi informasi yang sekarang ini berkembang. Kecerdasan buatan yang meniru seperti layaknya manusia menyelesaikan masalah dengan cara menggunakan pengetahuan yang dimiliki melalui data-data yang ada.

Teknologi komputer (mesin, robot) diyakini sebagai salah satu bidang keilmuan yang akan dapat mengubah peradaban manusia dan sampai saat ini penelitian dan pengembangan teknologi komputer terus dilakukan dalam rangka mencapai kehidupan manusia yang lebih nyaman. Komputer pada dasarnya adalah alat mekanik yang dapat melakukan tugas tertentu untuk membantu manusia, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia maupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu dengan kecerdasan buatan. 

Komputer yang dibuat oleh manusia sekarang ini berkembang dengan  semakin canggih dan kerjanya bahkan dalam banyak hal lebih cepat dari otak manusia, sehingga banyak orang khawatir pada suatu hari nanti komputer akan lebih pintar dari manusia. Tapi apakah hal itu mungkin? Manusia adalah makhluk cerdas yang menciptakan robot cerdas sehingga kendali perkembangan teknologi robot tetap harus berada di tangan manusia seberapapun cerdasnya robot yang telah diciptakan jangan sampai mengalahkan manusia. Kearifan dan kebijakan (wisdom) harus dikedepankan dalam pengembangan robot cerdas yaitu semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan manusia bukan menghancurkan peradaban manusia. 

Manusia tidak perlu takut pada komputer, walaupun sekarang saja sudah ada komputer jauh lebih pandai dari manusia, tapi hanya dalam bidang yang sempit dan sangat terbatas. Tidak semua hal dapat dilakukan oleh komputer (mesin, robot). Contohnya adalah pada bidang industry dimana dalam hal ini robot digunakan untuk mempercepat pekerjaan manusia, sehingga proses produksi lebih cepat, namun tenaga manusia tetap dibutuhkan dalam proses industry yaitu dalam hal pemeliharaan robot-robot yang digunakan. 

Jadi berdampak positif atau negatifnya teknologi masa kini sebenarnya tergantung dari sudut pandang, bagaimana bijaknya kita sebagai manusia dalam mengunakan teknologi yang sudah kita buat dan kembangkan dengan berbagai kecerdasan yang ada.

Sumber :
www.academia.edu/download/37148900/Agus_Saefudin_0102514057_Robot_Cerdas.pdf
http://dulloh.blog.widyatama.ac.id/2017/02/12/perkembangan-kecerdasan-buatan-atau-artificial-intelligence/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
https://www.voaindonesia.com/a/a-32-a-2001-07-13-9-1-85299457/51166.html



Komentar

  1. Makasih.. Postingan nya berguna banget

    BalasHapus
  2. bagus artikelnya.
    benar, AI itu diciptakan sebagai alat yang dapat membantu kehidupan manusia.
    bukan diciptakan untuk sebagai pengganti manusia itu sendiri 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer