MEMERIKSA SISTEM INFORMASI


Tiga Aspek Kata Kunci Pada Definisi Kontrol

1.   Pengendalian adalah sebuah sistem (a control is a system)
Dengan kata lain, terdiri dari sekumpulan komponen yang saling berelasi yang berfungsi secara bersama-sama untuk menyelesaikan suatu maksud atau tujuan.

2.   Keabsahan atau kebenaran dari suatu kegiatan (unlawful events)
Keabsahan kegiatan dapat muncul jika tidak ada otorisasi (unauthorized), tidak akurat (inaccurate), tidak lengkap (incomplete), redundansi (redundant), tidak efektif (ineffective) atau tidak efisien (inefficient) pemasukan data kedalam sistem.

3. Pemeriksaan digunakan untuk mencegah (prevent), mendeteksi (detect), atau mengkoreksi (correct) kejadian atau peristiwa yang tidak sesuai dengan aturan atau hukum (unlawful events).


Langkah-langkah Dalam Perencanaan
Langkah-langkah dalam kegiatan perencanaan audit meliputi:
1. Memahami bisnis dan industri klien
2. Memahami dan menilai struktur pengendalian intern
3. Menentukan tingkat meterialitas awal dan salah saji yang bisa diterima
4. Menentukan tingkat risiko audit awal
5. Menyusun rencana audit
6. Menyusun audit program

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer